Mengenal Wordpress

7/07/2013
Di artikel pertama Wordpress saya ini akan saya mulai dengan mengenal WordPress Self Hosting. Jujur saja penulis juga masih belajar dan sangat awam mengenai WordPress Self Hosting ini. Nah oleh karena itu bagi teman-teman yang ingin belajar juga, mari kita belajar bersama-sama disini. Bagi teman-teman blogger yang sudah tau dan sangat banyak pengalamannya di WordPress, mohon di sharing juga ilmunya.

Apa itu WordPress ? Agar tidak salah dalam mengartikan tentang Wordpres, penulis kutif langsung dari situs resminya.
WordPress ialah platform penerbitan pribadi yang semantik, yang berfokus pada estetika, standar web, dan kegunaan. WordPress bersifat gratis, namun di sisi lain juga tak ternilai harganya. Pendek kata, WordPress ‘lah yang Anda perlukan ketika ingin membangun sebuah blog atau sebuah situs web yang cantik.
Secara istilah saya memahami WordPress adalah sebuah perangkat lunak berbasis web yang di instal ke dalam suatu web hosting dan kita dapat menggunakannya layaknya menggunakan sebuah aplikasi.
WordPress masuk ke dalam kategori perangkat lunak yang di sebut “CMS”. Dan apa itu “CMS” ? 
Sistem manajemen konten (Inggris: content management System, disingkat CMS), adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. Wikipedia – Ensiklopedia Bebas
WordPress dibuat open source dan sangat mudah untuk digunakan, dari yang pemula sampai blogger profesional. Semua sarana didalamnya dapat dimanipulasi menjadi serba cepat dan otomatis melalui penambahan plugin. Jutaan plugin yang tersedia mampu memenuhi kebutuhan para pengguna WordPress. Dan baiknya CMS yang satu ini disediakan secara gratis. Untuk web hosting dan domainnya anda bisa memilih yang berbayar atau gratisan.

Sekian dulu materi pengenalan WordPress nya. Selanjutnya akan penulis post panduan atau langkah-langkah membuat blog WordPress Self Hosting berdasarkan yang diketahui oleh penulis serta tips dalam membuat blog menjadi cantik.
Semoga Bermanfaat.

Seorang yang kebetulan berprofesi sebagai Teknisi Komputer di salah satu toko Komputer di Palangkaraya. Saya orangnya pelupa, oleh karena itu blog ini ada. hehee... XD.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »