Cara Masuk System Recovery Windows 8 Original

4/07/2014
Dulu saya sempat bingung saat berhadapan dengan satu Notebook dengan Windows 8 original atau asli. Sebenarnya mau instal ulang, tapi dikarenakan windowsnya original jadinya saya putuskan untuk recovery saja. Recovery adalah suatu proses pemulihan atau pengembalian operasi sistem windows  ke keadaan seperti awal lagi. Dengan kata lain operasi windows akan fresh dan seperti baru lagi. Semua sobat teknisi pasti tau tentang ini.

Namun saat saya mau mencoba masuk ke System Recovery, awalnya ternyata tidak semudah seperti pada operasi sistem terdahulunya yaitu Windows XP dan Windows 7. Yang mempunyai kombinasi tombol untuk masuk System Recovery. Pada Windows 8 tidak berlaku hal seperti itu, karena menggunakan sistem boot UEFI. Sebenarnya saya juga kurang mengerti X) hehe. Yang pasti proses booting sangat cepat, bahkan kita tidak akan bisa masuk bios sama sekali kecuali dengan suatu trik yang nanti juga akan saya share pada post selanjutnya. 

Ok langsung saja ya, bagi sobat teknisi yang merasa juga mengalami masalah seperti saya. Caranya sangatlah mudah dan sudah saya buktikan sendiri. Yaitu dengan cara sebagai berikut.
  • Sorot panah mouse ke ujung kanan atas sampai menu yang disamping kanan muncul (maaf saya tidak tau apa nama menu tsb)
  • Pilih menu Setting
  • Kemudian pilih menu Power
  • Klik Restart, tapi sebelum klik tahan tombol Shift bersamaan dengan klik Restart
  • Tunggu sampai Windows restart dan akan muncul menu System Recovery
  • Setelah itu saya rasa sobat teknisi pasti tau apa yang harus dilakukan.
Pada post selanjutnya insya Allah akan saya share cara recovery windows 8 untuk sobat teknisi seluruh indonesia. Semoga bermanfaat

Seorang yang kebetulan berprofesi sebagai Teknisi Komputer di salah satu toko Komputer di Palangkaraya. Saya orangnya pelupa, oleh karena itu blog ini ada. hehee... XD.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »