Membuat Hiren's Boot booting via Flashdisk

7/01/2015
Teknisi Komputer mana yang tidak kenal dengan software satu ini. Berisi berbagai program-program. Tidak, lebih tepatnya Hiren's Boot adalah kumpulan tools dalam satu paket yang berguna bahkan sangat dibutuhkan oleh semua teknisi mana pun, untuk membantu mempermudah pekerjaannya. Tidak diragukan lagi bagusnya software ini, Hiren's Boot sudah seperti partner kita dalam hal pekerjaan Teknisi Komputer.

Kita seringnya menggunakan Hiren's Boot ini via boot CD. Nah sekarang saya mau berbagi bagaimana cara membuat Hiren's Boot agar bisa dijalankan via flashdisk. Tentunya apabila menggunakan flashdisk, kinerja proses saat menggunakan Hiren's Boot akan terasa lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan CD.

Tutorial
  • Download alat-alat yang dibutuhkan | link
  • Hubungkan flashdisk ke PC/Laptop, 1GB atau lebih
  • Jalankan USBFormat, ikuti langkah seperti pada gambar di bawah
  • Jalankan grubinst_gui, dan Run as Administrator
  • Copy semua data yang ada pada file image atau CD dari Hiren's Boot ke flashdisk
  • Copy grldr dan menu.lst dari grub4dos.zip
  • Selesai, flashdisk sudah siap untuk digunakan
Demikian tutorial ini saya buat, mungkin sobat punya cara yang lebih mudah dari ini yang mungkin hanya dengan satu atau dua kali klik sudah jadi. Tapi inilah cara dari saya yang dapat saya berbagi, anggap saja ini cara klasiknya. hehehe

Terima kasih sudah membaca catatan teknisi saya ini. Semoga bermanfaat :)

Seorang yang kebetulan berprofesi sebagai Teknisi Komputer di salah satu toko Komputer di Palangkaraya. Saya orangnya pelupa, oleh karena itu blog ini ada. hehee... XD.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »