Panduan Instalasi Windows Lengkap

2/21/2016
logo windows
Windows adalah salah satu dari sekian macam jenis sistem operasi komputer di dunia yang paling populer. Bahkan kepopulerannya mencapai 90% di seluruh dunia. Tak heran jika kita mendengar disebut tentang komputer, Windows lah yang ada dibenak kita. Bisa disebut Windows adalah raja dari segala operasi sistem. XD

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi kepada teman-teman pembaca semua, catatan teknisi berupa panduan instalasi windows lengkap sampai tuntas alias sampai Windows siap digunakan. Lengkap beserta gambar dan juga tips dari saya berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri selama bekerja sebagai teknisi komputer sampai saat ini.

Nah kalau bagi teknisi komputer, instalasi windows ini sudah seperti makanan sehari-hari. Karena saking seringnya melakukan pekerjaan ini. Kadang bosan juga XD namun begitu, pekerjaan instalasi windows ini lumayan menghasilkan. Biaya standar instalasi windows biasanya sekitar Rp. 50.000. Setiap wilayah berbeda-beda tergantung pasarannya. Dan juga pekerjaan ini tidak menguras banyak tenaga, kita hanya butuh duduk manis ditemani secangkir kopi didepan komputer atau laptop yang sedang dikerjakan sampai prosesnya selesai.

Enak kan XD? Enak jika kita punya ilmunya. Oleh karena itu saya membuat panduan instalasi windows lengkap ini diharapkan bisa diambil manfaatnya dan sebagai tambahan wawasan ilmu khususnya bagi para pemula yang mungkin baru saja bekerja sebagai teknisi komputer. Ini juga sebagai wujud rasa syukur saya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala karena telah menganugerahi saya ilmu dan pekerjaan ini. Alhamdulillah, saya sungguh menyenanginya. 

Panduan ini mungkin akan sangat panjang dan akan saya bagi menjadi beberapa post artikel. Meski demikian saya akan usahakan tulisan saya ini tetap enak dibaca. Langsung saja ya...


instalasi windows

Kenapa komputer harus diinstal Windows?

  • Komputer masih baru alias masih belum terinstal operasi sistem
  • Sistem Windows bermasalah. Bisa gara-gara diserang malware bandel atau gara-gara ada file sistem yang rusak
  • Karena ingin instal ulang saja XD dll

Persiapan bahan-bahan dan peralatan tempur

  • Installer Windows (media DVD atau USB flashdisk) lihat koleksi Windows
  • DVD Player eksternal (jika komputer tidak ada DVD Player nya)
  • Driver program (DVD Driver original atau DriverPack Solution)
  • Program aplikasi standar instalasi
Itu saja saya rasa bahan-bahan yang perlu dipersiapkan untuk melakukan pekerjaan instalasi Windows. Untuk tahap demi tahap proses instalasinya akan saya tulis pada post selanjutnya. Slow saja yah... XD sekian terima kasih. 

Seorang yang kebetulan berprofesi sebagai Teknisi Komputer di salah satu toko Komputer di Palangkaraya. Saya orangnya pelupa, oleh karena itu blog ini ada. hehee... XD.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
seno
AUTHOR
21/2/16 delete

Pertama .,persiapan perang dulu????

Reply
avatar
Syaifuddin
AUTHOR
22/2/16 delete

Iya gan. Persiapan dulu baru nanti tahap instalasinya. Insya Allah akan saya tulis untuk semua versi Windows.

Reply
avatar